Thursday, November 21, 2019

10 Situs Paling Ramai dan Laris Untuk Menjual Logo Ratusan Dollar

10 Situs Paling Ramai dan Laris Untuk Menjual Logo Ratusan Dollar By: Desain Untung

jual logo jadi di marketplace

DesainUntung – Dulu, setelah sekitar setahun saya aktif mengikuti kontes desain logo, ada banyak sekali file logo tereliminasi di laptop saya.

Saya berpikir, mau dibuat apa “logo-logo nganggur” itu. Sebenarnya, konsep logo yang teriliminasi bisa saja disubmit kembali pada kontes yang berbeda.

Tinggal diganti namanya.. dikirim lagi.. selesai! Tunggal menuggu hasil.

Dan memang, saya pernah beberapa kali  memenangkan kontes logo dengan memanfaatkan konsep logo yang sebelumnya tereliminasi..

Namun masih banyak stok konsep logo yang masih tersisa dan belum terpakai.

Setelah berpikir cukup lama...

Akhirnya saya mencoba searching di Google dan mengetikan kata "sell premade logo design" dan saya mendapatkan SERP google seperti ini:



Dari hasil pencarian Google tersebut saya coba membuka dan mempelajari beberapa situs yang menjual premade logo serta menerima desainer untuk menjual konsep logo mereka di situs-situs tersebut. Setelah itu saya buat list situs-situs tersebut.

Dan akhirnya masalah "logo nganggur" terpecahkan....


Well, teman-teman desainer logo, inilah 10 marketplace terbaik dan paling ramai untuk menjual logo siap pakai (versi Desain Untung) yang bisa Anda manfaatkan.

1. LogoGround 
Jual Desain Logo di Logoground


Di LogoGround Anda bisa menjual konsep logo dan menentukan harga logo tersebut sendiri. Rentangan harga yang ditetapkan adalah antara $150-$3.000. Logo yang Anda jual bersifat one license/single license (satu lisensi). Artinya hanya bisa dijual pada satu pembeli.

Dari setiap penjualan, Anda mendapatkan 90% dari harga. 6.5% untuk pihak LogoGround dan 3.5% untuk biaya administrasi transaksi Paypal.

2. LogoMyWay 
Jual Desain Logo di LogoMyWay

Di LogoMyWay Anda juga bisa mengatur harga logo yang Anda jual. Rentangan harga yang ditetapkan adalah minimal $200 dan maksimal $1.000.

Sebagaimana di LogoGround, di LogoMyWay penjualan logo hanya untuk satu lisensi, artinya logo hanya terjual sekali pada satu pembeli.

3. Creative Market 
Menjual desain Logo di Creative Market

Berbeda dengan LogoGround dan LogoMyWay, logo yang djual di Creative Market biasanya bersifat template. Itulah sebabnya logo yang djual adalah bundle (kumpulan template logo).

Harga template logo di Creative Market bisa jadi hanya sekitar $15, akan tetapi produk tersebut multi license. Artinya boleh djual pada banyak orang.

Jadi keuntungannya adalah pada faktor kali. Semakin banyak yang beli (download) semakin banyak keuntungan Anda.

4. BrandCrowd 
Menjual desain Logo di Brandcrowd

Di Brandcrowd, logo yang dijual juga one license, hanya untuk satu pembeli.

Harga jual logo di situs tersebut bisa disetting mulai dari $119. Setiap ada penjualan, desainer atau penjual logo mendapatkan 60% dari harga jual tersebut.

5. Designhill 
Menjual Desain Logo di DesignHill

Di DesignHill Anda bisa menjual desain logo Anda dengan cara yang berbeda. Logo Anda akan dijadikan desain untuk kaos, jaket, hoodie dsb sebagai mana market print on deman pada umunya. Ini adalah model bisnis Print on Demand yang bisa Anda manfaatkan. Tentunya, bukan hanya desain logo, semua desain yang menarik bisa Anda submit di situs tersebut.

Dari mana pendapatannya?

Setiap Anda mengupload desain, Anda bisa menentukan margin keuntungan yang Anda akan ambil setiap penjualan.

Misalkan harga dasar tshirt di designhill adalah $15 dan Anda mengambil keuntugan $10, maka tshirt dengan logo Anda akan dijual dengan harga $25. Setiap kali Ada penjualan tshirt tersebut Anda dapat profit sebesar $10.

6. BizLogo 
Menjual Desain Logo di BizLogo

Seperti halnya pada LogoGround, logo yang dijual di Bizlogo hanya untuk sekali penjualan atau single license.

Anda bisa menetapkan harga di Bizlogo antara $95-$145.

7. Graphic River/Envato Market 
Menjual Desain Logo di Graphic River


Graphic River menjual template logo sebagaimana di Creative Market. Template logo yang dijual adalah bundle (kumpulan) yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pembuatan desain logo baru. 

Harga template logo tergolong murah, namun bisa terjual pada banyak pembeli atau multi license.

8. LogoStack
Menjual Desain Logo di LogoStack


Serupa dengan LogogGround dan LogoMyWay, logo yang dijual di LogoStack adalah one license.
Retangan harga di Logostock rata-rata berkisar $220-$350.

9. Etsy

Sebenarnya Etsy adalah markeplace craft. Barang-barang seni banyak dijual disana. Namun etsy juga menyediakan ruang bagi desainer untuk menjual produk seni berupa produk digital “instant download” termasuk ready-made logo atau template logo.

Di situs Etsy, Anda bisa menjual desain logo baik untuk single license (dijual pada satu orang saja) mampun multi license (dijual pada banyak orang).

Anda bisa menentukan harga logo Anda sesuai keinginan Anda.

10. Logoisus 
Menjual Desain Logo di LogoisUs


Anda juga bisa menjual logo siap pakai milik Anda di situs logoisus. Anda bisa mengatur harga logo yang Anda jual dengan harga mulai dari $139.

Okay, sekarang Anda tahu harus dikemanakan konsep logo yang tereliminasi di laptop atau komputer Anda kan?

Jangan biarkan logo-logo tersebut “nganggur” ya.

Jadikan uang saja, gimana? 

Silakan Anda submit logo siap pakai Anda di situs-situs tersebut di atas. Siapa tahu rejeki Anda di sana juga. Namun sebelum Anda bergabung, ada baiknya Anda membaca setiap peraturan di situs-situs tersebut.

Silakan baca juga:



Selamat Berkarya, 
Salam Desain, Desain Untung
Previous Post
Next Post

Selamat menikmati kunjungan Anda di blog Desain Untung. Semoga Anda mendapatkan banyak informasi dan inspirasi tetang ilmu desain grafis untuk mencari uang baik online maupun offline. Salam Desain, Desain Untung!!!