Sunday, November 24, 2019

Bisnis Print On Demand - Ladang Uang Untuk Desainer

Cara mudah menghasilkan uang bagi desainer grafis dengan memanfaatkan bisnis Print On Demand. By: Desain Untung.

Bisnis Print On Demand untuk Desainer Grafis


Desain Untung - Bisnis Print on Demand adalah salah satu model bisnis yang ramai dan banyak digemari para desainer. Kenapa demikian?

Ya.... karena pada bisnis model Print on Demand, designer cukup menyediakan desain gambar yang menarik untuk menciptakan produk custom.

Gambar tersebut kemudian dipajang pada beberapa produk seperti kaos, mug, topi, sarung bantal, case HP, hoodie, jaket dan sebagainya. Jika ada penjualan, desainer mendapatkan keuntungan tanpa harus memikirkan proses produksi, pengepakan, pengiriman dan sebagainya.

Gampangnya terima beres gitu deh... Makanya mereka bilang “Sell Your Art”

cara kerja print on demand


Saat mengupload desain untuk diaplikasikan pada berbagai macam produk tersebut, desainer dapat menentukan margin keuntungannya sendiri. Tentunya setelah mengetahui harga dasar produk-produk dimaksud.

Misalnya...

Pada produk kaos atau Tshirt...
Selanjutnya kita tetap menggunakan contoh Tshirt saja ya... biar mudah.

OK lanjut...

Jika harga dasar Tshirt yang disediakan oleh produsen adalah sebesar $10 dan Anda menginginkan margin keuntungan sebesar $5, maka desain Anda akan dipajang pada produk Tshirt tersebut dengan harga $15.

Dengan demikian setiap ada penjualan tshirt dengan desain ada tadi, Anda mendapatkan keuntungan sebesar $5. Semakin banyak tshirt tersebut terjual, semakain banyak keuntungan Anda.

Hm..... kalau thsirt-nya terjual 1000 pcs dapat untung berapa ya?

Ya, $5.000 dong bang!!!

... Hahaha. Cepat sekali kalau menghitung uang ya...

Jika Anda benar-benar tertarik dengan model bisnis ini, saatnya Anda bergegas dan membuat desain tshirt yang banyak serta unik untuk menghasilkan uang.

Anda bisa mencoba beberapa situs Print on Deman luar negeri berikut ini untuk menghasilkan dollar:

  • Teespring.com
  • Teezily.com
  • Redbubble.com
  • Teepublic.com
  • cafepress.com
  • Society6.com
  • zazle.com
  • Designbyhumans.com
  • Amazon.com
  • Displate.com

Kalau Anda ingin menjual desain Anda di situs Print on Demand Indonesia, Anda bisa mencobanya disini:
  • Tokome.id
  • Tees.co.id

Baik...

Sampai di sini saya berasumsi bahwa Anda berminat untuk menjalankan bisnis Print on Demand. Sebelum Anda mulai take action, Ada baiknya Anda mengetahui dua hal yang harus dilakukan berikut ini:

1. RISET DESAIN

Sebelum Anda membuat desain produk custom, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang desain apa yang sedang nge-trend saat ini sehingga Anda bisa mendapatkan banyak penjualan.

Caranya bagaimana?

Cara riset paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan melihat respon sosial di media sosial. Seperti:
  • Jumlah like dan engagement pada facebook
  • Jumlah like pada instagram
  • Jumlah pin pada pinterest
Perhatikan gambar-gambar berikut ini:

Riset desain Tshirt di Facebook


Bisnis Print On Demand untuk Desainer Grafis

Iklan desain tshirt dengan FB ads yang mendapatkan engagement cukup bagus. Mendapatkan Like 249 kali dan dishare 130 kali. Walaupun tidak mutlak menjadi patokan, namun hasil engagement seperti ini setidaknya memberikan gambaran bahwa orang-orang menyukai desain Tshirt seperti itu.

Bisnis Print On Demand untuk Desainer Grafis

Gambar kedua ini adalah contoh desain Tshirt di Instagram yang cukup banyak diminati orang. Desain Tshirt yang mendapatkan Like hingga 1.040 kali ini, bisa dijadikan acuan bagi Anda untuk mendesain gambar yang bisa diminati banyak orang.

Bisnis Print On Demand untuk Desainer Grafis

Riset selanjutnya adalah dengan melihat contoh design Tshirt di Pinterest. Desain Tshirt yang mendapatkan Pin hingga 1.842 kali ini bisa juga dijadikan acuan design Tshirt yang bisa Anda buat.

Dengan cara sederhana seperti ini, Saya yakin Anda sekarang memiliki sedikit gambaran tentang desain Tshirt yang kira-kira memiliki banyak peminat.

Semakin banyak referensi desain yang Anda peroleh, semakin baik. Karena Anda akan semaki terarah.

2. PROMOSI

Setelah Anda melakukan riset, membuat desain dan menguploadnya pada situs Print on Demand, satu hal penting berikutnya yang harus Anda lakukan adalah PROMOSI.

Karena... Desain yang sebagus apapun akan sia-sia jika tidak dipromosikan. Betul?

Promosi ini dapat Anda lakukan dengan gratis atau berbayar. Jika Anda belum memiliki dana untuk melakukan promosi berbayar, Anda dapat melakukan promosi dengan meng-share desain tshirt yang Anda buat tadi di beberapa sosial media.

Saat ini, saya yakin Anda memiliki akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram dsb dan terhubungan dengan banyak orang Indonesia. Nah, Anda bisa memanfaatkan akun tersebut untuk promosi di market lokal.

Namun jika Anda menargetkan market luar negeri, Anda perlu mempersiapkan hal-hal berikut:

  • Membuat akun sosial media (Facebook, twitter, instagram dsb) baru dengan target pertemanan bule. Anda bisa menggunakan foto profile bule. Atau Anda juga bisa menggunakan gambar Tshirt untuk akun baru Anda tersebut.
  • Memulai mencari teman Bule. Ya... khusus Bule. Karena memang target Anda orang luar negeri.
  • Bergabung di Group facebook orang luar negeri, dsb
  • Menyebarkan desain tshirt Anda
Akan tetapi jika Anda memiliki cukup dana, saya sarankan Anda melakukan promosi berbayar (iklan) untuk hasil yang lebih baik. Anda bisa menggunakan facebook Ads atau Instagram Ads untuk biaya yang lebih murah. Atau jika Anda memiliki dana lebih bisa menggunakan Google Adword.

Karena dengan iklan, promosi Anda akan lebih tertarget sehingga lebih efektif. Misalnya, di FB ads atau instagram ads Anda bisa men-setting target iklan Anda berdasarkan:

  • Jenis kelamin
  • Rentangan usia tertentu
  • Orang-orang yang berada di lokasi tertentu
  • Orang-orang yang tertarik pada hal tertentu dsb.

Sehingga diharapkan dengan iklan atau promosi berbayar, Anda bisa mendapatka banyak penjualan dan keuntungan.

Okay kawan-kawan desainer...

Demikian informasi yang dapat saya share di DesainUntung kali ini tentang peluang bisnis Print On Demand yang dapat Anda manfaatkan sebagai desainer grafis. Semoga Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. Jangan ragu untuk membagikan informasi ini pada teman Anda di sosmed ya supaya mereka juga bisa mengambil manfaatnya. Terima kasih.

Anda mungkin juga ingin membaca ini:



Salam Desain, Desain Untung!
Previous Post
Next Post

Selamat menikmati kunjungan Anda di blog Desain Untung. Semoga Anda mendapatkan banyak informasi dan inspirasi tetang ilmu desain grafis untuk mencari uang baik online maupun offline. Salam Desain, Desain Untung!!!