Monday, November 25, 2019

Trik Ampuh Mendapatkan Proyek Desain Dari Klien Pasca Kontes Logo

Trik mudah dan ampuh untuk mendapatkan proyek desain dari klien pasca kontes logo yang telah saya buktikan sendiri. By: Desain Untung

Trik Mendapatkan Projek Desain

Desain Untung - Saya adalah seorang desainer logo. Keseharian saya adalah ngontest logo (maksudnya mengikuti kontes logo), mengerjakan pesanan (direct order) dan blogging.

Kali ini saya akan membagikan sebuah trik/tips kepada teman-teman tentang cara mendapatkan pesanan (direct order) desain logo dari klien yang memilih desain kita sebagai pemenang di sebuah situs kontes logo.

Begini...

Biasanya, setelah saya memenangkan sebuah kontes logo, saya berpikir bagaimana caranya supaya klien itu juga memesan desain stationery seperti; kartu nama, brosur, banner dsb langsung kepada saya, bukan melalui kontes lagi. Untuk itu, saya perlu memberikan penawaran pada klien tersebut.

Lantas bagaimana caranya saya memberikan penawaran?...
itu yang terlintas dalam benak saya.

Memberikan Email Kita pada Klien Setelah Kontes Berakhir

Umumnya, setelah kontes berakhir kita diperbolehkan memberikan alamat email kita kepada klien (asalkan kita pemenangnya lo ya..). Maka, saya selalu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberikan alamat email serta penawaran saya kepada klien.

Biasanya saya menyelipkan satu file yang isinya penawaran jasa desain stationery di dalam paket file yang saya kirim. Kalau file tersebut dibuka, kemungkian klien akan menghubungi saya.

Cara ini terbukti cukup bagus. Saya beberapa kali mendapatkan pesanan desain stationery atau bahkan logo baru dari klien-klien tersebut.

Namun setelah diteliti secara prosentase, cara itu saya rasa masih kurang efektif. Terbukti hanya beberapa klien saja yang menghubungi saya.

Sampai akhirnya saya berdiskusi dengan seorang teman yang juga seorang desainer logo. Dia menyarankan agar saya berada pada posisi aktif. Artinya, kita yang menghubungi klien bukan mengharap klien menghubungi kita. Kenapa?

ya... karena klien kemungkinan besar adalah orang-orang yang sibuk. Jadi mungkin lupa atau tidak sempat menghubungi kita melalui email yang kita berikan.

Lantas kalau dibalik demikian, apa yang kita butuhkan? 
Tentu saja kita yang harus mendapatkan alamat email klien. Kemudian kita bisa menghubunginya.

Caranya?.... Simple!

Kita bisa mengirimkan pesan pendek yang isinya membuat klien merasa penting untuk memberikan alamat emailnya kepada kita.

Maka saya pun melakukan tips ini ketika kontes berakhir. Ini kira-kira yang saya sampaikan kepada klien:

Dear client,
Thanks for selecting my design as the winner. It's a pleasant to design your logo. By the way, would you share your active email address? I'd like to send the package to your email as a backup. So if you lose this package you still have a copy. Thank you
Artinya kira-kira seperti ini:

"Om..
makasih ya... sudah memilih logoku jadi pemenang. Senang bisa mendesainkan logo untuk Om. Btw, om punya email yang aktif gak? Saya akan kirim file logonya ke email om juga sebagai backup. Jadi kalo file yang ini hilang, Om masih punya copy-nya. Makasih..."

Anda tahu apa yang terjadi? 
Dengan menciptakan kondisi penting seperti itu, hampir semua klien memberikan alamat emailnya kepada saya.

Nah, setelah itu saya bisa langsung mengirim email kepada klien tersebut yang berisi:
  • File desain logo
  • Penawaran kepada klien

Dengan cara seperti ini, saya merasa lebih mudah mendapatkan kesempatan untuk menawarkan jasa saya pada klien pasca kontes berakhir. Hasilnya pun lumayan lebih baik. Banyak klien yang merespon dan menjawab email saya. Bahkan saat ini ada beberapa klien yang menjadi pelanggan tetap saya.

Tips Supaya Penawaran Jasa Desain Tidak Ditolak

Akan lebih baik lagi jika penawaran yang Anda sampaikan disajikan dalam bentuk presentasi gambar yang bagus dan menarik. Misalnya, Anda menawarkan jasa desain kartu nama, maka Anda dapat menyelipkan gambar desain kartu nama yang didesain dengan tema logo yang dimiliki klien tersebut sehingga menarik perhatian klien. 

Perhatikan gambar berikut ini:

Penawaran jasa desain kartu nama

Anda bisa mendesain kartu nama tersebut seolah-olah memang untuk klien Anda, dengan mencantumkan logo klien tersebut di dalam desain kartu nama yang Anda buat. Misalnya saja pada gambar tersebut tercantum logo DEZCORB (logo klien) didesain sedemikian rupa seolah-olah kartu nama klien sudah jadi. Cara ini bisa membuat klien lebih memperhatikan penawaran Anda. 

Dengan model presentasi seperti ini Anda juga bisa menawarkan berbagai jasa sehubungan dengan logo baru milik klien seperti: 
  • Brosur
  • Folder Presentasi
  • Maskot
  • Kop Surat dan Amplop dan sebagainya.

Selanjutnya mungkin Anda bertanya "kenapa mengejar klien pasca kontes?" 

Menurut saya:

Pertama, karena klien tersebut masih dalam kondisi "hot" mencari desain atribut untuk bisnisnya. Tentunya selain logo, klien juga membutuhkan kartu nama, kop surat, amplop dsb (walaupun tidak semua). 

Kedua, karena klien tersebut telah memilih dan tentunya menyukai konsep logo kita sehingga dipilih sebagai pemenang. Sedangkan selama kontes berlangsung, tentu ada komunikasi berupa feedback, komen dan sebagainya sehingga sudah terjalin hubungan baik antara kita dengan klien. 

Nah, dua kondisi ini yang kita manfaatkan. Dan... ini adalah salah satu cara yang telah saya buktikan sendiri lo...

Baik, untuk teman-teman para desainer logo yang sedang getol di situs kontes, Anda juga bisa mencoba cara saya ini untuk mendapatkan direct order dari klien yang teman-teman dapatkan dari kontes logo tadi. Lumayan, siapa tahu bisa jadi pelanggan tetap. Karena faktanya para Logo Contest Holder itu tidak selalu klien, sebagian besar mereka juga makelar logo. Jadi ketika puas dengan kerja kita, dia kemungkinan akan memberikan projek desain kepada kita.

Sebelum saya akhiri, saya mengingatkan catatan penting dari pengalaman saya tentang trik mudah mendapatkan job desian paska kontes logo, antara lain:
  • Sebisa mungkin kita mendapatkan alamat email klien
  • Memberi penawaran jasa desain kepada klien sesegera mungkin
  • Presentasi penawaran dengan gambar yang menarik

Baik itu saja yang dapat saya share di blog DesainUntung kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Silakan baca juga:


Salam Desain, Desain Untung
Previous Post
Next Post

Selamat menikmati kunjungan Anda di blog Desain Untung. Semoga Anda mendapatkan banyak informasi dan inspirasi tetang ilmu desain grafis untuk mencari uang baik online maupun offline. Salam Desain, Desain Untung!!!